mainan asal Indonesia ikut serta Spielwarenmesse International Toy Fair

Detik.com 16 Perusahaan mainan asal Indonesia akan ikut serta dalam pameran mainan Spielwarenmesse International Toy Fair di Nuremberg Jerman. Pameran tahunan ini akan berlangsung 30 Januari- 4 Februari 2013. 

Sebanyak 16 perusahaan yang nanti akan diikutsertakan dalam pameran mainan terbesar di dunia ini umumnya memamerkan produk mainan kerajinan tangan.

"Kurang lebih ada sekitar 16 Perusahaan yang ikut serta tahun 2013 jauh lebih meningkat dibandingkan tahun 2012 yang hanya mengikutsertakan 2 Perusahaan saja," kata CEO Spielwarenmesse International Toy Fair Ernst Kick di Intercotinental Midplaza, Jakarta (12/07/12).

Menurut peserta asal Indonesia, akan hampir sama dengan tahun 2012, yaitu tetap mengandalkan produk kerajinan tangan terutama permainan untuk anak dan boneka.

"Jerman sendiri sangat besar permintaan terhadap boneka terutama boneka plastik," katanya.

Spielwarenmesse International Toy Fair adalah pameran mainan global yang rutin diselenggarakan oleh Jerman. Produk yang ditawarkan berasal dari seluruh negara dan diperkirakan tahun 2013 akan menghadirkan konsep IT Toys. 

Tahun 2012, telah terjadi transaksi mainan dari acara ini sebanyak 5 Miliar Euro. Indonesia menjadi peserta dengan 2 Perusahaan yang hadir dalam acara itu. China menjadi negara terbesar dengan menghadirkan 235 Perusahaan. Pengunjung dari Indonesia tercatat sebanyak 2.776 orang.

"Untuk datang kesana dan menjadi peserta dari event ini memang cukup mahal," Ungkap Kick.

Para peserta yang mau ikut serta dalam acara ini harus merogoh kocek dalam. Untuk Penginapan + Transport ke Jerman dan luar Jerman butuh sekitar 3500-4000 Euro (sudah termasuk visa, dan asuransi). Untuk biaya partisipasi harus merogoh kocek sebesar 150-180 Euro/meter persegi.

"Belum ada kebijakan khusus baik dari kami maupun pemerintah Jerman, kita akan kaji itu untuk tahun berikutnya," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar